Jilbabb dan Kerudung Itu Beda Lhooo..

Opini yang berkembang saat ini dimasyarakat bahkan temen - teman di kampus sekalipun pada umunya beranggapan bahwa jilbab itu sama dengan kerudung, cuma beda istilah doank katanya. Padahl niy kalo kita mau mengkaji lebih dalam lagi ternyata jilbab N kerudung itu BEDA cuma sama dalam satu hal yaitu sama - sama WAJIB dipake oleh seorang wanita MUSLIM.

Banyak juga, banyak banget malah orang - orang yang salah kaprah. Nggak anak - anak, remaja, ibu2 ( ibu gue juga lhooo) bahkan sampe nenek2 yang taunya kalo kerudung itu samadengan jilbab. Kebayang nggak siyyy...

Nah untuk itu, kayaknya nggak bisa dibiarin niy, harus diluruskan. Pakaian seorang muslimah itu kan hal yang sudah disyariatkan Allah dalam al Qur'an jadi harus jelas N tepat pelaksanaannya.
Pren, penegasan lagi niy kalo jilbab N kerudung itu BEDA. buktinya pembahasan or perintah menggunakan jilbab N kerudung dibahas di surah yang berbeda dalam al Qur'an. Nggak percaya...?? silahkan di cek di surah An-Nur ayat 31 N al-Ahzab ayat 59. Jelas banget kaleeee perbedaannya!!!
Pada Qs. An-Nur : 31
"...dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya..."

tuch kan KERUDUNG n juga ke dadanya. Jadi perintah untuk memakai kerudung itu sampe menutup dada. Gimana kalo yang nyekik N cuma menutup leher. ...ehmmm itu siy belum memenuhi kriteria ayat tersebut. Kan suatu amal perbuatan itu akan diterima oleh Allah jika memenuhi 2 syarat yaitu iklas karena Allas SWT N sesuai dengan apa yang dicontohkan rasulullah. Yakin dech kalo kamu2 yang masih ngotot pake kerudung dililit - lilit sampe hampir2 kecekik truz leher N rambutnya masih sering ngintip, tuch masih harus di cek lagi. Di modif siy oke2 aja, mau kamu puter2 kek tu kerudung atau diapain silahkan...asal tetap syar'i yaitu menutup dada N nggak tabaruj. Coba dech tanya sama diri kamu sendiri kamu pake kerudung karena apa? apakah karena trend, terpaksa, atau karena Allah. Truz tanyakan juga pada hatimu dengan jujur lhooo...apakah kerudung itu sudah sesuai kriteria yang distandarkan dalam al Qur'an atau belum?

Jangan sekali kali memakai dalil daripada, " daripada gue ga pake kerudung, mending gini walaupun ga syar'i" atau "mendingan juga sholat gue telat daripada gue ga sholat sama sekali" Nah pren, sekarang saatnya untuk kamu hapus dech tuh istilah "daripada" dalam kamus hidup kamu, apalagi dalam hal ibadah. Masak siy Allah dikasih sisa2 waktu kamu buat solat, atau amal - amal kamu yang sangat amat diminimalisir. Justru seharusnya seorang muslim itu memberikan persembahan terbaik bagi Allah yang telah menciptakannya dalam bentuk yang sebaik - baiknya.

Yupz...seputar kerudung kita cukupkan dulu walaupun masih banyak yang ingin saya bagi. sekarang mari kita cek ayat yang membahas tentang JILBAB.

Di Qs. al-Ahzab : 59
"Wahai nabi, katakanlah kepada istri - istrimu, anak - anak perempuanmu dan istri - istri orang mukmin, "hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka..."
Yupz..sekarang teman2 udah ngeh kan kalo antara kerudung N jilbab itu beda. Coba dech lihat lagi ayat diatas tentang jilbab "ke seluruh tubuh mereka" kebayang nggak sih lo kalo kerudung di ulurkan ke seluruh tubuh, nah lhoooo...!!! Jilbab itu adalah sejenis baju kurung yang lapang (inget, jilbabadalah pakaian) yang dipake dari leher sampe ujung kaki, Okkay...

”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” berarti dari leher sampai ujung kaki. Kata jalâbîb merupakan bentuk jamak dari kata jilbâb. Terdapat beberapa pengertian yang diberikan para ulama mengenai kata jilbab. Ibnu Abbas menafsirkannya sebagai ar-ridâ’ (mantel) yang menutup tubuh dari atas hingga bawah.Al-Qasimi menggambarkan, ar-ridâ’ itu seperti as-sirdâb (terowongan). Adapun menurut al-Qurthubi, Ibnu al-’Arabi, dan an-Nasafi jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Ada juga yang mengartikannya sebagai milhafah (baju kurung yang longgar dan tidak tipis) dan semua yang menutupi, baik berupa pakaian maupun lainnya. Sebagian lainnya memahaminya sebagai mulâ’ah (baju kurung) yang menutupi wanita atau al-qamîsh (baju gamis).

Duuuuh, berarti selama ini salah donk???!
Yupz, wajar aja salah kalo yang dibuka kamus bahasa indonesia, dimana disana arti jilbab sam dengan kerudung. Coba deh buka kamus bahasa arab (ya iyalah) secara, al Qur'an gitu lho pake bahasa arab mana nyambung sama kamus bahasa indonesia.
Pengertian itu juga diperkuat dengan hadist rasulullah.
"Siapa saja yang menyeret bajunya lantaran angkuh, Allah tidak akan melihatnya pada Hari Kiamat." Ummu Salamah bertanya, "Lalu bagaimana dengan ujung-ujung pakaian kami?" Beliau menjawab, "Turunkanlah satu jengkal." Ummu Salamah bertanya lagi, "Kalau begitu, telapak kakinya tersingkap." Lalu Rasulullah saw. bersabda lagi, "Turunkanlah satu hasta dan jangan lebih dari itu." (HR at-Tirmidzi).

Yups! Subhanallah…Ummu Salamah adalah seorang wanita yang cerdas, ia bertanya tentang pakaian yang seharusnya dipakai oleh wanita, ketika Rasul menetapkan batas aurat laki2 (yaitu sebatas lutut). Dalam hadis tersebut, Rasul berkata: “tambahkanlah…” berarti jelas Rasul meminta Ummu Salamah untuk menambahkannya alias menyambung dengan yang udah ada, bukan lantas menyuruh untuk, “pakai celanalah!” atau “pakai roklah!” hehe…

Berdasarkan hadis di atas, jilbab yang diulurkan dari atas hingga bawah harus bisa menutupi dua telapak kaki wanita. Dalam hal ini, para wanita nggak perlu takut jilbabnya menjadi najis jika terkena tanah yang najis. Sebab, jika itu terjadi, tanah yang dilewati berikutnya akan mensucikannya. Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Ummu al-Walad Abdurrahman bin Auf; ia pernah bertanya kepada Ummu Salamah ra. tentang ujung pakainnya yang panjang dan digunakan berjalan di tempat yang kotor. Ummu Salamah menjawab bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda: Yuthahhiruhu mâ ba’dahu (Itu disucikan oleh apa yang sesudahnya).
Trus berarti selama ini kita belum menutup aurat donkk??
Tenang…tenang…
Menutup aurat sih udah, tapi belum sempurna. Karena yang diperintahkan sama Allah bukan hanya pake kerudung kan?tapi kudu pake jilbab juga. Pake kerudung dan jilbab tuh WAJIB loh! Karena Allah menggunakan kata “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya….” Nah, kata “hendaklah” ini sudah merujuk pada seruan alias perintah WAJIBnya berjilbab. Hayoo…tau kan konsekuensi wajib itu gimana? Yups! Apabila dikerjakan mendapat pahala, tapi apabila ditinggalkan mendapat dosa.

Jilbab (baju kurung) bukan budaya arab lhooooooo!!!
Kata siapa jilbab itu budaya arab??…Nggak banget kaleee…!! kalo emang terkait dengan budaya, mana dalilnya?sekali lagi, kita harus bersumber pada dalil, bukan hanya pendapat semata, coz dalil yang terkuatlah yang layak dibenarkan. Hhmm…gini aja deh, kalo emang temen2 masih ragu coba liat lagi surat Al-Ahzab: 59 berikut ini: “Hai nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”
Nah, apakah di sana Allah menyeru, “Hai Nabi katakanlah kepada orang2 Arab…!” ?? engga kan?? Ya iyalahh…ayat tersebut berlaku untuk semua wanita mukmin, jadi bukan orang Arab aja!
Masihkah temen2 ragu untuk menutup aurat dengan kerudung dan jilbab?setelah begitu kuatnya dalil2 yang menyebutkan bahwa jilbab dan kerudung adalah wajib bagi wanita muslimah yang sudah bali?
Yupz, saatnya memilih mau tunduk pada aturan Allah yang telah menciptakan kita atau pada besarnya nafsu kita yang bisa menyeret kita pada kemurkaan-Nya. Wallaahu a'lam.

Sumber : http://muslimahinspire.blogspot.com/2009/05/jilbab-n-kerudung-itu-beda-lho-pren.html
Gambar : http://farkhanmubarok.files.wordpress.com/2009/03/jilbab3.jpg

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Followers

About this blog

Assalamualaikum wr wb..

Namaku Novi Yulianti, dilahirkan di Palembang 16 November 1987

Kegiatanku saat ini bekerja di salah satu Rumah Sakit Swasta di kawasan Ciledug,Tangerang sebagai Asisten Apoteker dan kuliah Di Universitas Budi Luhur.

Emm,, klo ditanya kenapa pi buat blog ini??

Tu karena,,

1. Tugas Kuliah,,,hehehe

2. yahh,,skalian belajar bloging

3. Buat m'motivasi cuz isi posting d'sini di ambil dari kutip2an yang pernah pi baca dan pi suka dan ngingetin klo lagi iseng bisa baca2 lagi d..

Buat semua yang udah berkunjung di blog nya pi,, terima kasih yaa udah mampir di blog ny pi yang masih polos ini..hhehe

Love u all,, ^^
Ucapan terima kasih ku kepada Allah S.W.T yang telah memberikan barokah dan kebahagiaan buatku yang tak terhinga.. Juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang sudah mewarnai hidupku


Terima-kasih atas dukungan, motifasi, juga perhatian. Tanpa kalian hidupku kurang ber-arti. Semua yang aku buat ini atas dasar Cinta..

Hhehehe,,, lebay ga sich???


D tunggu comment dari temend2 smua...

Keyy..