Jadikan kekurangan Sebagai Motivasi Meraih Kesempurnaan

Allah Berfirman :”Janganlah kalian anggap bahwa berita bohong itu buruk bagi kalian, bahkan hal itu adalah baik untuk kalian.” (QS:24:1).

Banyak sekali orang jenius yang tidak puas dengan jalan hidup yang dilaluinya, karena mereka selalu merasa kekurangan. Sebaliknya, banyak di antara para ulama, seperti ‘Atha’, Sa’id bin Jubair, Qatadah, Bukhari, Tirmidzi, dan Abu Hanifah, hidup dengan perasaan tenang.

Banyak cendikiawan dunia dan orang yang luas ilmu agamanya meskipun mereka buta, seperti Ibnu ‘Abbas, Qatadah, Ibnu Ummi maktum, A’masy, dan Yazid bin Harun. Demikian juga banyak ulama kontemporer, seperti Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alusy-Syaikh, Syaikh Abdullah bin Humaid, Syaikh ‘Abdul’ Aziz bin Baz. Saya juga telah membaca biografi para cendikiawan, para ilmuan, dan tokoh-tokoh jenius Arab yang memiliki cacat. Ada diantara mereka yang buta dan bisu, bahkan ada juga yang pincang dan lumpuh, namun semua kekurangan itu tidak melemahkan motivasi mereka . Dengan ilmu dan penemuan ilmiahnya, mereka mampu mengukir sejarah dan memberikan konstribusi posotif bagi kehidupan manusia.

“Dan Dia menjadikan cahaya bagi kalian yang dengannya kalian dapat berjalan.” (QS:57:28).

Gelar atau strata akademis yang tinggi bukanlah segala-galanya dalam hidup ini. Anda tidak perlu bersedih, risau, dan merasa tidak memiliki kemampuan gara-gara anda tidak bisa meraih ijazah sarjana strata satu (S1), Magister (S2), atau gelar Doktor (S3), karena semuanya bukanlah segala-galanya dalam hidup ini. Anda tetap dapat berpartisipasi dan memberikan banyak konstribusi positif bagi masyarakat walaupun anda bukan seorang yang punya gelar akademis dari perguruan tinggi.

Berapa banyak tokoh dunia terkemuka dan ternama yang tidak menyandang gelar akademis apapun, namun mereka mampu menjalani hidupnya penuh motivasi dan optimisme yang tinggi.

Zaman sekarang ini juga banyak saya temukan tokoh yang berpengaruh dalam bidang ilmu agama, dakwah, pendidikan, pemikiran, dan sastra. Mereka semua tidak punya ijazah dan gelar, seperti Syaikh bin Baz, Malik bin nabi, Al-Aqqad, di negara kita ada Buya Hamka yang terkenal dengan tulisan2nya padahal dia tidak mencapai hal tersebut melalui jenjang akademik dan lain-lain.

Qana’ah (puas atas apa yang dimiliki) merupakan harta yang besar. Dalam hadist shahih Rasulullah :”Ridhalah atas bagian yang telah diberikan Allah kepadamu, maka engkau akan menjadi orang terkaya.”

Secara hakikat kaya bukan diukur dengan banyaknya materi, bukan pula dengan banyaknya uang atau jabatan, namun diukur dengan ketenangan dan keridhaan jiwa atas bagian yang telah diberikan Allah.

Dalam hadist Rasulullah :”Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertaqwa, kaya dan tekun dalam beribadah, serta sembunyi-sembunyi dalam memberikan shadaqahnya.”

Berikut ini saya ingin menyuguhkan sebuah resep yang dapat mengobati Anda dari penyakit Galau, gundah gulana dan perasaan sedih mendalam yang selalu anda derita. Resep tersebut saya dapatkan dari ulama dan para tokoh islam. Resep itu adalah :

- Sembahlah sang Pencipta

- Terimalah dengan puas Rizki yang anda dapatkan akan tetapi jangan berhenti berusaha untuk menjadi
lebih baik
- Pasrahlah terhadap semua Qadha’ Allah kepadamu

- Zuhudlah terhadap dunia

- Pendekkan angan-angan (berangan-angan sesuai dengan kemapuan yang kita milki).
Meskipun begitu tidak ada keinginan yang mustahil jika kita berusaha dan Allah meridhainya.

Saya kagum terhadap seorang ahli jiwa (psikolog) ternama Amerika Serikat bernama William James. Dia Adalah bapak pakar ilmu jiwa Amerika. Ia berkata “ Sungguh kita manusia selalu memikirkan apa yang tidak kita miliki, dan tidak berterima kasih kepada Tuhan atas apa yang telah kita miliki. Kita melihat penderitaan hanya dari sisi negatifnya saja tanpa mau melihat sisi positifnya dan selalu merasa rugi terhadap kekurangan yang kita miliki, namun kita tidak pernah merasa beruntung atas segala kelebihan yang kita miliki.

Dengan demikian maka segala kekurangan yang ada hendaklah menjadi motivasi bagi kita untuk terus berusaha dan maju untuk menjadi lebih baik lagi.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Followers

About this blog

Assalamualaikum wr wb..

Namaku Novi Yulianti, dilahirkan di Palembang 16 November 1987

Kegiatanku saat ini bekerja di salah satu Rumah Sakit Swasta di kawasan Ciledug,Tangerang sebagai Asisten Apoteker dan kuliah Di Universitas Budi Luhur.

Emm,, klo ditanya kenapa pi buat blog ini??

Tu karena,,

1. Tugas Kuliah,,,hehehe

2. yahh,,skalian belajar bloging

3. Buat m'motivasi cuz isi posting d'sini di ambil dari kutip2an yang pernah pi baca dan pi suka dan ngingetin klo lagi iseng bisa baca2 lagi d..

Buat semua yang udah berkunjung di blog nya pi,, terima kasih yaa udah mampir di blog ny pi yang masih polos ini..hhehe

Love u all,, ^^
Ucapan terima kasih ku kepada Allah S.W.T yang telah memberikan barokah dan kebahagiaan buatku yang tak terhinga.. Juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang sudah mewarnai hidupku


Terima-kasih atas dukungan, motifasi, juga perhatian. Tanpa kalian hidupku kurang ber-arti. Semua yang aku buat ini atas dasar Cinta..

Hhehehe,,, lebay ga sich???


D tunggu comment dari temend2 smua...

Keyy..